Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Publikasi Online

Highlight

UPBS
e_produk
400 Inovasitektan
Katam
MKRPL

Polling

Bermanfaatkah website kami?
 

Tamu online

Terdapat 34 Tamu online
Berita
Varietas Cabai Inata Agrihorti Disukai Petani Kab. Konawe. PDF Cetak E-mail
Info Aktual
Jumat, 20 Juli 2018 09:30

Kendari.  Dalam rangka pelaksanaan kegiatan starategis Kementerian Pertanian, BPTP  Balitbangtan Sultra lakukan Pendampingan Pengembangan  Kawasan Hortikultura Cabai.

Selanjutnya...
 
Pemanfaatan Lahan Di Bawah Tegakan Kelapa Dengan Teknologi Largo Super Padi Gogo PDF Cetak E-mail
Info Aktual
Selasa, 26 Juni 2018 11:32

Andoolo. Kementerian Pertanian terus melakukan  terobosan program strategis menuju swasembada pangan.  Pada tahun 2018 BPTP  Balitbangtan Sultra  selain mengembangkan teknologi Jarwo Super (Jajar Legowo Super) di padi sawah juga melakukan pengembangan Largo Super (Larikan Gogo Super) padi gogo  di lahan kering.

Kegiatan Largo Super dilaksanakan pada lahan perkebunan kelapa seluas 15 ha di desa Ataku, Kec. Andoolo, Kab. Konawe Selatan Provinsi. Sulawesi Tenggara.

Kegiatan sosialiasasi dan pengawalan teknologi  dengan melibatkan peneliti, penyuluh, aparat desa serta petani pelaksana.  Didik Raharjo, SP, selaku penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa penerapan teknologi Largo yaitu  mulai penggunaan benih unggul, aplikasi biodekomposer, penggunaan pupuk hayati, pengendalian hama dan penyakit tanaman hingga panen dan pasca panen.

Varietas Unggul Baru (VUB) yang dikembangkan yaitu Inpago 8, Inpago 12 dan Inpago Unsoed 1, penanaman dilakukan dengan sistem larikan mengikuti jarak tanam sistem larikan legowo 2 : 1. Di mana 20 cm antara baris dan 40 cm legowo, sedangkan dalam baris tanaman kerapatan tanaman teratur antara 5 – 10 cm.

Pengaturan jarak tanam akan memperlihatkan  barisan tanaman yang lurus sehingga mempermudah pemeliharaan (penyiangan, penyemprotan dan pemupukan). Pertanaman  berumur ± 35 HST dan menunjukkan pertumbuhan tanaman yang bagus dan diharapkan sampai akhirnya nanti dapat menghasilkan produktivitas tinggi.

Diharapkan kegiatan pengembangan teknologi Largo Super padi gogo ini dapat meningkatkan pendapatan petani, meningkatkan produksi dan produktivitas padi serta menjadi percontohan pengembangan padi gogo pada lahan kering perkebunan kelapa di Sulawesi Tenggara.

M. Syakur, salah satu petani yang mengikuti kegiatan ini  menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. “Selama ini lahan di bawah perkebunan kelapa dibiarkan kosong, tetapi ternyata dapat dimanfaatkan, salah satunya dengan menanam tanaman padi gogo”, kata Syakur.

 
Bupati Buton Panen Jagung Nasa 29, Bima URI 20, Sukmaraga dan Lamuru PDF Cetak E-mail
Info Aktual
Senin, 02 Juli 2018 14:59

Pasarwajo. Dalam upaya meningkatkan perekonomian daerah  tertinggal, Kementerian Pertanian melaksanakan Program Bedah Kesejahteraan Rakyat yang diwujudkan dalam bentuk Padat Karya Pertanian.

Berkenaan dengan program tersebut BPTP Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Panen dan Temu Lapang bertempat di desa. Kabawokole  Kec. Pasarwajo. (Senin, 2/7/2018)

Panen jagung dilakukan oleh Bupati Buton, Kepala  BPTP Sultra, Kadis Pertanian Buton, Camat Pasarwajo, Danramll Pasarwajo, Peneliti BPTP Sultra, Penyuluh Pertanian, Tokoh Masyarakat, serta KelompoktaniUsai panen jagung dilakukan Temu Lapang yang dibuka oleh Bupati.

Buton Drs. La Bakri M.Si, yang diringi dengan tarian Mangaru dan Lawati. Bupati Buton Drs La. Bakri M.Si menyatakan terimakasih atas pelaksanaan Demplot Inovasi Teknologi Jagung dan  akan melakukan perluasan tanam serta dukungan pengendalian babi hutan dan babi. Bupati juga minta agar pemasaran  hasil jagung petani dapat berjalan baik dan harga menguntungkan.

Mengawali acara, tersebut, Kepala BPTP Balitbangtan Sultra, Ir. Muh. Asaad M.Sc menjelaskan bahwa tahun 2018, Padat Karya Pertanian di Sulawesi Tenggara dilaksanakan pada 10 desa, berupa demonstrasi usahatani jagung 7  lokasi dan demontrasi tanaman pekarangan 3 lokasi.

Demonstrasi usahatani Jagung menggunakan jagung hibrida Varietas Bima URI 20, Nasa 29 serta jagung komposit Varetas Sukmaraga dan Lamuru.“Kegiatan demplot ini bertujuan untuk mengenalkan inovasi budidaya jagung kepada petani sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejateraan petani Kab. Buton.

Dalam temu lapang perwakilan petani minta dukungan alsintan, benih, pestisida dan bibit pakan ternak sapi. Menanggapi hal tersebut Kadis Pertanian Buton Dewangga SP menjelaskan agar petani mengusulkan melalui Kelompoktani ke Dinas Pertani

 
VUB Bawang Putih Diujicobakan di Kab. Buton PDF Cetak E-mail
Info Aktual
Jumat, 22 Juni 2018 14:53

Kapontori.  Permintaan terhadap komoditas bawang putih selalu mengalami peningkatan. Padahal, produksi bawang putih dalam negeri belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat. Dalam mencukupi kebutuhan bawang putih pemerintah harus impor bawang putih dari luar negeri. Selain untuk bumbu masakan, bawang putih bisa digunakan untuk pengobatan.

Selanjutnya...
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com