Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Publikasi Online

Highlight

400 Inovasitektan
Katam
PPID
UPBS
WBS

Polling

Bermanfaatkah website kami?
 

Tamu online

Terdapat 15 Tamu online
Sosialisasi Hasil Kajian Adaptasi Bawang Putih Di Kabupaten Buton. PDF Cetak E-mail
Info Aktual
Rabu, 31 Oktober 2018 13:11

Buton. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sulawesi Tenggara menyelenggarakan sosialisasi hasil Kajian Adaptasi Bawang Putih di Kabupaten Buton. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Kepala Bidang Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian, seluruh penyuluh se Kabupaten Buton, Ketua Kelompok Tani (Desa Tuangila, Bukit Asri dan Wakuli, serta Tim Peneliti BPTP Sulawesi Tenggara. (Selasa, 30/10/2018)

 

Dalam sambutanya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, menyampaikan bahwa hasil penelitian ini merupakan hal yang baru dan awal pengembangan bawang putih di Kabupten Buton. Oleh karena ini, Dinas Pertanian Kabupaten Buton akan terus mendukung pengembangan bawang putih dalam skala yang lebih besar. Kepala Dinas Buton mengharapkan kepada BPTP Sultra agar tetap mendampingi dalam pengembangan bawang putih di Kabupaten Buton.

Ir. Agussalim, MP menyampaikan bahwa hasil kajian adaptasi lima varietas bawang putih, menunjukan bahwa verietas Tawangmangu memberikan rata-rata produksi yang lebih tinggi dari varietas lainnya (6,39 t/ha). Sedangkan varietas lainnya Lumbuh hijau (3,68 t/ha), Lumbuh Kuning (2,21 t/ha) dan dua varietas lainnya (bawang impor dan lumbuh kayu) tidak panen.

Dalam diskusi, diketahui bahwa selama ini memang beberapa petani telah pernah menanam bawang putih yang berasal dari benih bawang putih impor, tetapi tanamannya mati sebelum berumbi. Oleh karena itu dengan hasil kajian ini, beberapa petani mau mencoba benih untuk ditanam kembali.

Pada akhir sesi, Kadistan Buton (Dewangga SP), menyampaikan kepada Kepala BPP se Kabupaten Buton untuk membuat program Kaji Terap sesuai keunggulan masing-masing wilayahnya, dan diharapkan hasil kaji tetap dapat memberikan dampak yang siknifikan terhadap pendapatan petani. Dalam penyusunan proposal diharapkan BPTP Balitbangtan mendampinginya.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com