Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Publikasi Online

Highlight

400 Inovasitektan
Katam
MKRPL
UPBS
e_produk

Polling

Bermanfaatkah website kami?
 

Tamu online

Terdapat 22 Tamu online
Pengaturan Pola Tanam Tingkatkan Indek Pertanaman PDF Cetak E-mail
Info Aktual
Kamis, 04 Oktober 2018 09:08

Buke Konawe Selatan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sultra ( BPTP)  melakukan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan/Bimbingan Teknis Pengembangan Pola Tanam Mendukung Indeks Pertanaman di Sulawesi Tenggara di Desa Andoolo Utama  Kec. Buke, Kab. Konawe Selatan (Rabu, 3 Oktober 2018).

Sosialisasi dan bimtek dilaksanakan kepada anggota kelompok tani Merdi Tani 1, perwakilan dari beberapa kelompok tani di Kec. Buke, dan Petugas Penyuluh Lapang (PPL) se-kecamatan Buke.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyampaikan kegiatan Demplot Budidaya Padi sawah di lahan sawah tadah hujan. Demplot tersebut untuk menujukkan kepada petani dan stakeholder terkait bahwa dengan dukungan infrastruktur pengairan, lahan sawah tadah hujan sangat berpotensi untuk ditingkatkan infeks pertanamannya.

Sebagaimana diketahui, lahan sawah tadah hujan dilokasi demplot ini pada umumnya hanya menanam padi 1 musim tanam saja. Pada musim kemarau, hanya beberapa petak sawah yang dekat dengan saluran pembuangan air saja yang menanam padi. Namun demikian dengan pemanfaatan secara optimal sumber air yang berasal dari saluran pembuangan tersebut, melalui demplot ini menunjukkan dampak yang sangat nyata. Luas tanam lahan sawah tadah hujan dilokasi demplot meningkat secara signifikan pada musim tanam kedua (kemarau).

Peserta sosialisasi dan bimtek sangat antusias mengikuti pelatihan karena pada kegiatan ini dihadirkan narasumber dari BMKG, Dinas Pertanian Prov. Sultra, dan Dinas Pertanian Kab. Konsel. Selain itu, dari aspek teknologi budidaya narasumber berasal dari BPTP Sulawesi tenggara. Untuk mendukung kegiatan berusaha tani, dalam acara ini juga turut diundang perusahaan pestisida dan Bank BPD Sultra.

Acara BIMTEK diawali dengan kunjungan peserta BIMTEK di lahan demplot 5 varietas padi sawah seluas 5 ha. Dengan kunjungan lapang ini, peserta melihat langsung teknologi yang diterapkan dilokasi demplot dengan tujuan memperkenalkan dan menambah wawasan peserta dalam berbudidaya padi. Dalam kunjungan lapang, diperoleh umpan balik dari petani terkait display VUB padi introduksi. Secara umum petani mengetahui pilihan-pilihan varietas yang menurut mereka baik dalam hal performa dan produksi. Selain itu mereka memiliki gambaran mengenai varietas padi yang mana cocok ditanam di musim penghujan dan di musim kemarau.

Materi dukungan program infrastruktur air pada lahan sawah tadah hujan disampaikan oleh Kabid PSP , Dinas Pertanian Kab. Konawe Selatan. Pemda Kab. Konawe Selatan telah memberikan dukungan ke lokasi demplot melalui bantuan mesin pompa air utk memanfaatkan air permukaan dan sudah dimanfaatkan oleh petani di LSTH. Selain itu, pihak pemda Konawe Selatan juga akan memberikan bantuan mesin pompa air lagi guna meningkatkan layanan sumberdaya air di lokasi tersebut. Selain itu, beberapa alsintan akan segera dialokasikan di wilayah tersebut, baik alsin pengolahan tanah maupun alsintan panen.

BMKG dalam hal ini menyampaikan materi terkait dengan curah hujan dan prediksi musim hujan dan kemarau. Dengan demikian peserta mengetahui awal musim hujan untuk musim tanam berikutnya. Selain itu dari sisi modal usaha, BPD Sultra siap mengucurkan kredit petani dengan syarat yang mudah sehingga petani semakin mudah mendapatkan akses permodalan.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com