Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Publikasi Online

Highlight

400 Inovasitektan
Katam
PPID
UPBS
WBS

Polling

Bermanfaatkah website kami?
 

Tamu online

Terdapat 14 Tamu online
"Bawang Putih Unggul" Harapan Petani Di Kab. Buton PDF Cetak E-mail
Info Aktual
Senin, 10 September 2018 08:34

Buton. Kementerian Pertanian RI menargetkan swasembada bawang merah dan bawang putih pada tahun 2019. Salah satu terobosan yang ditempuh yakni melalui program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB). Targetnya adalah  semua daerah yang masih memiliki sumber daya lahan untuk dijadikan lahan baru untuk tanaman bawang,  salah satunya di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. (Senin, 10/09/2018)

Ir. Agus Salim, MP menyampaikan bahwa, selama ini belum ada pertanaman bawang putih yang dikembangkan di Kab. Buton, walaupun potensi lahan dan iklim mendukung pengembangan bawang putih, sehingga perlunya uji adaptasikan VUB.

“Adaptasi ini juga sebagai tindak lanjut Arahan Bapak Mentan, Amran Sulaeman ke Balitbangtan untuk membantu Pemda dalam pengembangan bawang merah dan bawang putih pada saat kunker di Baubau tahun lalu”

kata Ir. Agus Salim, MP Pengembangan bawang putih pada dataran tinggi dalam perluasannya diperhadapkan pada luas lahan yang sangat terbatas. Oleh karena pengembangannya diarahkan ke dataran rendah yang memiliki potensi lebih luas.

Potensi pengembangan areal bawang putih di Kabupaten Buton berada pada ketinggian 400 -500 m dpl, sekitar 750 ha,yang berada pada 3 Desa, yaitu Desa Tuangila, Wakuli dan Bukit Asri.Varietas unggul baru (VUB) bawang putih yang diadaptasikan, yaitu Tawang Mangun Baru, lumbuh kuning dan lumbuh hijau di Desa Tuangila, kabupaten Buton menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik.

Hariyanto, salah satu petani kooperator dalam uji adaptasi bawang putih, menyambut baik kegiatan ini.  “Selain bisa menambah pengalaman dalam budidaya bawang putih, kami juga bisa mengetahui beberapa varitas unggul bawang putih yang bisa dikembangkan di daerah kami”  kata Harianto

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com