Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Publikasi Online

Highlight

Katam
MKRPL
UPBS
e_produk
400 Inovasitektan

Polling

Bermanfaatkah website kami?
 

Tamu online

Terdapat 11 Tamu online
Pemanfaatan Lahan Di Bawah Tegakan Kelapa Dengan Teknologi Largo Super Padi Gogo PDF Cetak E-mail
Info Aktual
Selasa, 26 Juni 2018 11:32

Andoolo. Kementerian Pertanian terus melakukan  terobosan program strategis menuju swasembada pangan.  Pada tahun 2018 BPTP  Balitbangtan Sultra  selain mengembangkan teknologi Jarwo Super (Jajar Legowo Super) di padi sawah juga melakukan pengembangan Largo Super (Larikan Gogo Super) padi gogo  di lahan kering.

Kegiatan Largo Super dilaksanakan pada lahan perkebunan kelapa seluas 15 ha di desa Ataku, Kec. Andoolo, Kab. Konawe Selatan Provinsi. Sulawesi Tenggara.

Kegiatan sosialiasasi dan pengawalan teknologi  dengan melibatkan peneliti, penyuluh, aparat desa serta petani pelaksana.  Didik Raharjo, SP, selaku penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa penerapan teknologi Largo yaitu  mulai penggunaan benih unggul, aplikasi biodekomposer, penggunaan pupuk hayati, pengendalian hama dan penyakit tanaman hingga panen dan pasca panen.

Varietas Unggul Baru (VUB) yang dikembangkan yaitu Inpago 8, Inpago 12 dan Inpago Unsoed 1, penanaman dilakukan dengan sistem larikan mengikuti jarak tanam sistem larikan legowo 2 : 1. Di mana 20 cm antara baris dan 40 cm legowo, sedangkan dalam baris tanaman kerapatan tanaman teratur antara 5 – 10 cm.

Pengaturan jarak tanam akan memperlihatkan  barisan tanaman yang lurus sehingga mempermudah pemeliharaan (penyiangan, penyemprotan dan pemupukan). Pertanaman  berumur ± 35 HST dan menunjukkan pertumbuhan tanaman yang bagus dan diharapkan sampai akhirnya nanti dapat menghasilkan produktivitas tinggi.

Diharapkan kegiatan pengembangan teknologi Largo Super padi gogo ini dapat meningkatkan pendapatan petani, meningkatkan produksi dan produktivitas padi serta menjadi percontohan pengembangan padi gogo pada lahan kering perkebunan kelapa di Sulawesi Tenggara.

M. Syakur, salah satu petani yang mengikuti kegiatan ini  menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. “Selama ini lahan di bawah perkebunan kelapa dibiarkan kosong, tetapi ternyata dapat dimanfaatkan, salah satunya dengan menanam tanaman padi gogo”, kata Syakur.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com