Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Publikasi Online

Highlight

UPBS
e_produk
400 Inovasitektan
Katam
MKRPL

Polling

Bermanfaatkah website kami?
 

Tamu online

Terdapat 18 Tamu online
VUB Bawang Putih Diujicobakan di Kab. Buton PDF Cetak E-mail
Info Aktual
Jumat, 22 Juni 2018 14:53

Kapontori.  Permintaan terhadap komoditas bawang putih selalu mengalami peningkatan. Padahal, produksi bawang putih dalam negeri belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat. Dalam mencukupi kebutuhan bawang putih pemerintah harus impor bawang putih dari luar negeri. Selain untuk bumbu masakan, bawang putih bisa digunakan untuk pengobatan.

Masalah yang dihadapi dalam budidaya bawang putih adalah terbatasnya jumlah petani yang membudidayakan bawang putih karena keterbatasan varietas bawang putih. Saat ini, varietas yang tersedia hanya cocok untuk ditanam di dataran tinggi (> 800 m dpl). Varietas bawang putih dataran rendah memberikan peluang khususnya untuk ekstensifikasi bawang putih dalam negeri  untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi bawang putih yang terus meningkat tiap tahunnya.

Pada awal Juni 2018, BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara melakukan penanaman VUB bawang putih pada dataran rendah (+500 m dpl) di Desa Tuangila, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton.

Peneliti BPTP BalitbangtanSultra, Ir.Agussalim,  MP menyampaikan bahwa,  beberapa varietas yang dicobakan antara lain; lumbuh kuning, lumbuh hijau, Tawang Mangun, Bawang putih kayu dan bawang lokal pasaran. Penanaman dilaksanakan oleh petani, penyuluh dan peneliti.

"Pengujian ini bertujuan untuk mendapatkan varietas bawang putih yang cocok di Desa Tuangila, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton.  Harapannya adalah varietas yang cocok dapat dikembangkan oleh Pemda Kabupaten Buton secara luas" kata Agussalim.

Alimun, salah seorang petani bawang putih di desa Tuangila menyambutbaik kegiatan ini, dan akan terus belajar kepada BPTP Balitbangtan Sultra untuk bisa lebih baik dalam budidaya bawang putih di daerahnya.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com