Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Publikasi Online

Highlight

400 Inovasitektan
Katam
MKRPL
UPBS
e_produk

Polling

Bermanfaatkah website kami?
 

Tamu online

Terdapat 3 Tamu online
Bimbingan Teknis Teknologi Budidaya Jagung Di Kab. Buton PDF Cetak E-mail
Info Aktual
Senin, 04 Juni 2018 00:00

Siotapina.  Dalam rangka percepatan diseminasi teknologi dan peningkatan pengetahuan penyuluh dan petani di Kab. Buton, BPTP Balitbangtan Sultra menyelenggarakan Bimbingan Teknis Teknologi Produksi Jagung. Kegiatan ini  merupakan rangkaian dari kegiatan Kaji Terap Tanaman Jagung di Desa Labuandiri, Kec. Siotapina, Kab. Buton (28/05/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala  BPP Kecamatan Siotapina; Kepala Desa Labuandiri; Kepala BPD Labuandiri dan Kepala Dusun di Desa Labuandiri. Peserta pelatihan berjumlah 25 orang yang terdiri dari petani/kelompok tani yang merupakan perwakilan masing-masing kelompok tani, serta PPL setempat.

Bimbingan teknis dibuka secara oleh Kepala Desa Labuandiri,  Barumi. Dalam sambutannya Barumi menyampaikan bahwa Bimbingan teknis ini sangat bermanfaat bagi petani dan penyuluh di daerah kami. "Bimbingan teknis ini memberikan bekal ilmu dan teknologi terkini dalam pengembangan usahatani jagung" kata Barumi.

Selanjutnya Kepala BPP Kecamatan Siotapina, Sarjono, S.Si  berharap agar kegiatan bimbingan teknis masih dapat terus berlanjut karena saat ini sedang digalakkan pengembangan jagung di daerah Labuandiri pada lahan bukaan baru seluas 50 Ha.

Pada kesempatan tersebut, Penanggungjawab Kegiatan Assayuthi Ma'suf, SP menyampaikan bahwa BPTP Sultra merupakan UPT Badan Litbang Kementerian Pertanian yang ada di daerah dengan salah satu tupoksinya melakukan  bimbingan teknis materi penyuluhan dan diseminasi hasil pengkajian teknologi pertanian spesifik lokasi

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Labuandiri merupakan bagian dari bimbingan teknis inovasi teknologi komoditas jagung. Sarjoni,  MP,  Narasumber Bimbingan Teknis  memberikan materi terkait Teknologi Produksi Jagung. Peserta pelatihan tertarik dengan materi persiapan lahan, pemupukan spesifik lokasi, penggunaan pupuk organik,  pengendalian OPT hingga panen dan pasca panen.

Khusus teknik pemupukan dan penentuan dosis pupuk mengunakan PUTK.  Hasil uji PUTK menggunakan NPK 16:16:16 280 kg/ha, Urea 300 kg/ha, SP-36 125 kg/ha dengan jarak tanam 75x40 cm.

Kebiasaan petani selama ini belum melakukan pemupukan dalam budidaya jagungnya dan belum memiliki pengetahuan yang memadai tentang budidaya jagung.

Salah satu petani Saelani berharap agar BPTP Sultra dapat melakukan bimbingan teknis lanjutan dengan praktek pembuatan pupuk organik dengan menggunakan tanaman yang ada di sekitar desa sebagai bahan pembuatan pupuk organik.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com