Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Publikasi Online

Highlight

400 Inovasitektan
Katam
PPID
UPBS
WBS

Polling

Bermanfaatkah website kami?
 

Tamu online

Terdapat 12 Tamu online
Pengelolaan Tanaman Terpadu Padi Sawah Di Sulawesi Tenggara PDF Cetak E-mail
Oleh Suharno   
Rabu, 16 Juli 2014 10:35

Pengertian

Pengelolaan Tanaman Terpadu Padi merupakan suatu pendekatan inovatif dalam upaya peningkatan efisiensi usahatani padi dengan menggabungkan komponen teknologi yang memiliki efek sinergistik. Artinya tiap komponen teknologi tersebut saling menunjang dan memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

Penerapan PTT didasarkan pada 4 prinsip yaitu

  • Terpadu : PTT merupakan suatu pendekatan agar sumberdaya tanaman,tanah dan air dapat dikelola dengan sebaik-baiknya secara terpadu
  • Sinergis: PTT memanfaatkan teknologi pertanian terbaik dengan memperhatikan keterkaitan yang saling mendukung antar komponen teknologi
  • Spesifik Lokasi: PTT memperhatikan kesesuaian teknologi dengan lingkungan fisik maupun sosial budaya dan ekonomi petani setempat.
  • Partisipatif: berarti petani turut berperan serta dalam memilih dan menguji teknologi yang sesuai dengan kondisi setempat dan kemampuan petani, melalui proses pembelajaran dalam bentuk laboratorium tanaman.

PTT menyediakan beberapa pilihan komponen teknologi, yang dibedakan menjadi komponen teknologi dasar dan komponen teknologi pilihan.  (Selengkapnya)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com