Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Publikasi Online

Highlight

Katam
BPTPI
MKRPL
400 Inovasitektan
e_produk
UPBS

Polling

Bermanfaatkah website kami?
 

Tamu online

Terdapat 11 Tamu online
Pupuk Organik Cair Meningkatkan Produktivitas Kakao di Sulawesi Tenggara PDF Cetak E-mail
Info Aktual
Oleh Agussalim   
Keberadaan pupuk kimia kini patut dikurangi agar tanah pertanian kembali sehat. Pupuk organik cair adalah bahan yang dapat menggantikan pupuk kimia pada masa mendatang. Pupuk organik dapat menyediakan unsur esensial bagi pertumbuhan tanaman. Selain itu, juga dapat membuat tanah lebih gembur dan subur. Jenis pupuk organik cair yang sudah dikomersilkan antara lain promo, superbiota plus, organik RI 1, super A1, Super Boy, Sitto, dan biokultur. Kandungan pupuk organik cair seperti sianobacter dapat mengikat N2 sehingga dapat mempertahankan kesuburan tanah.
Demikian pula bakteri yang dapat menfiksasi N2 dari udara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pupuk organik dan pupuk kimia pengaruhnya secara statistik hampir sama dengan pupuk kimia dalam hal peningkatan produktivias tanaman kakao.
Oleh karena itu, pertanian organik mulai dilirik, karena kesadaran masyarakat akan produk yang sehat (healty food), terutama yang bebas residu bahan-bahan kimia berbahaya. Selain itu, meningkatnya kesadaran akan kelestarian lingkungan juga memicu munculnya pangan organik. Mengapa Harus Organik?, karena setiap tahun ribuan hektar lahan yang subur berkurang akibat penggunaan pupuk kimia. Pupuk organik cair, adalah jenis pupuk yang berbentuk cair tidak padat dan mudah sekali larut kedalam tanah dan membawa unsur hara bagi tanaman. Pupuk organik cair juga tidak menganggu keseimbangan ekoogis biota pada permukaan lapisan tanah, bebas cemaran residu kimia. Menjaga keseimbangan ekologis antara hama/penyakit, dengan musuh alami serta mempertahankan kestabilan lahan. Kesuburan tanah secara alami tergantung pada unsur- unsur kimia tersedia di alam, yang terangkai menjadi bahan organik dan menjadi bahan penting dalam menciptakan kesuburan tanah. Kandungan bahan organik tanah banyak mempunyai manfaat, terutama mempertahankan struktur tanah, kemampuan tanah untuk menyimpan dan mendistribusikan air dan udara dalam tanah serta organisme dalam tanah. Manfaat penggunaan pupuk organik cair secara berkesinambungan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil secara nyata, mengembalikan kesuburan tanah, memperbaiki struktur tanah dan melarutkan sisa-sisa pupuk kimia pada tanah (Soil Conditioner).
Meningkatkan pembentukan klorofil, merangsang pertumbuhan tunas, bunga dan buah, mencegah/mengurangi gugur bunga dan buah, menyempurnakan pertumbuhan akar dan mempercepat perkecambahan biji. Meningkatkan aktivitas mikroba menguntungkan (beneficial microbes). Menguraikan racun dalam tanah, membunuh bakteri penyakit dan menjaga ketersediaan unsur hara. Meningkatkan penyerapan unsur hara, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit, sehingga penggunaan pestisida dan fungisida dapat dikurangi. Penggunaan pupuk organic cair dapat meningkatkan jumlah buah dan berat kering biji kakao. Pupuk organic cair super boy menghasilkan rata-rata berat keringnya 1,18 g/biji dengan rata-rata produktivitas yang dihasilkan sebesar 1.044 kg biji kering/ha/thn.
Dari segi ekonomi pemberian super boy pada tanaman kakao memberikan pendapatan yang tertinggi, yaitu sebesar Rp. 18.868,000,- per ha, kemudian pemberian sitto dan pupuk kimia tunggal masing-masing sebesar Rp. 18.089.000,- dan Rp. 17.749.000,- atau meningkat sebesar 33,80% dan 27,09% dari pendapatan tanpa pemupukan. Pemberian pupuk organik cair super boy dan sitto dapat digunakan dalam usahatani kakao karena nilai R/C lebih besar daripada 1. Aplikasinya dapat dilakukan oleh petani karena sangat mudah dan praktis serta petani sudah bisa melakukan penyemprotan pada tanaman kakao.
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com